Sama-sama Menjanjikan

2  Formasi Timnas Indonesia untuk Singkirkan Singapura di Semifinal Piala AFF

Formasi Timnas Indonesia Vs Singapura

Bola.com--(KIBLATRIAU.COM)-- Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yon punya banyak variasi formasi di Piala AFF 2020. Arsitek asal Korea Selatan itu memakai tiga pakem berbeda dalam babak penyisihan.Shin Tae-yong menggunakan pola 4-1-4-1 ketika menghajar Kamboja 4-2 dan Laos 5-1, namun mengubah formasinya menjadi 5-4-1 kala mengimbangi Vietnam 0-0. Pelatih berusia 52 tahun itu kembali memainkan pakem yang berbeda menjadi 4-4-1-1 saat mengganyang Malaysia 4-1.

Sejumlah pihak masih menerka-nerka bagaimana Shin Tae-yong meracik komposisi pemainnya ketika Timnas Indonesia melawan Singapura.Timnas Indonesia akan melawan Singapura dalam leg pertama babak semifinal Piala AFF di National Stadium, Kallang, Singapura, Rabu (22/12/2021) malam WIB. Tim berjuluk Skuad Garuda itu diprediksi bakal bermain menyerang demi menatap pertemuan kedua dengan aman. Begini prakiraan Bola.com untuk dua varian formasi melawan Singapura.

Formasi 4-1-4-1

Pakem 4-1-4-1 dapat dipilih oleh Shin Tae-yong untuk melawan Singapura. Formasi ini memberikan hasil maksimal bagi Timnas Indonesia di babak penyisihan. Dengan pola 4-1-4-1, permainan Timnas Indonesia lebih seimbang. Empat gelandang serang dapat membantu penyerang tunggal ketika dalam keadaan menyerang. Sementara satu gelandang bertahan bisa menjadi pengganggu ketika lawan melancarkan serangan balik.

Pakem 4-1-4-1 ini tidak banyak mengubah komposisi pemain Timnas Indonesia. Nadeo Argawinata tetap menjadi kiper utama dengan Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, dan Pratama Arhan berdiri di depannya. Pemilihan duet Baggott dan Dewangga sebagai palang pintu Timnas Indonesia sedikit berisiko. Sebab, keduanya baru berusia 19 dan 20 tahun. Namun, keduanya dapat menutup minimnya pengalaman dengan kualitas.

Sedangkan Rachmat Irianto berperan sebagai tukang jagal di lini tengah. Sementara Witan Sulaeman, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya mendukung Ezra Walian di lini depan. Demi mengakomodasi pakem ini, Evan Dimas kembali menjadi starter. Belakangan, kapten Timnas Indonesia itu selalu menjadi pengganti dalam dua partai terakhir. Timnas Indonesia (4-1-4-1): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan: Rachmat Irianto; Witan Sulaeman, Evan Dimas, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Ezra Walian

Formasi 4-4-1-1

Formasi kedua adalah 4-4-1-1. Pakem ini yang membuat Timnas Indonesia menghajar Malaysia 4-1. Dengan pola ini, Timnas Indonesia begitu efektif dalam menyerang. Penempatan Witan Sulaeman sebagai penyerang bayangan membuat pemain berusia 20 tahun itu lebih bebas dalam bergerak. Pakem 4-4-1-1 sedikit mengubah susunan pemain Timnas Indonesia. Nadeo Argawinata tetap menjadi kiper utama dengan Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, dan Pratama Arhan berdiri di depannya.

Pemilihan Fachrudin sebagai tandem Baggott, alih-alih Alfeandra , murni karena faktor pengalaman. Bek Madura United itu jauh lebih senior dan punya jam terbang tinggi di level internasional. Ketika sebuah tim bermain di babak gugur, pengalaman tidak kalah pentingnya dengan kualitas. Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto akan berduet di lini tengah, sementara Irfan Jaya dan Ramai Rumakiek menyisir sisi sayap.

Pakem 4-4-1-1 ini terpaksa mengorbankan Evan Dimas. Gelandang berusia 26 tahun itu lemah dalam bertahan dan kurang galak ketimbang dengan Irianto dan Kambuaya. Adapun, Witan Sulaeman berperan sebagai second striker untuk mendukung Ezra Walian di lini depan. Pemain Lechia Gdansk itu lebih leluasa bergerak di posisi ini karena berkarakter mobile.Timnas Indonesia (4-4-1-1): Nadeo Argawinata ; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Elkan Baggott, Pratama Arhan: Irfan Jaya, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Ramai Rumakiek; Witan Sulaeman; Ezra Walian. (Net/Hen)

Leg Pertama Babak Semifinal Piala AFF 2020

Singapura Vs Timnas Indonesia
Rabu, 22 Desember 2021
National Stadium
Kick-off 19.30 WIB
Live Streaming Vidio

 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar